Resep: Nila pedas, asam, manis (panggang Oven) Sempurna

Resep Nila pedas, asam, manis (panggang Oven). Sedang mencari inspirasi resep nila pedas, asam, manis (panggang oven) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nila pedas, asam, manis (panggang oven) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita. Lihat juga resep Nila Acar Asam Manis enak lainnya. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian.. Lihat juga resep Nila pedas, asam, manis (panggang Oven) enak lainnya.

Yuk langsung kita praktekkan membuat Nila bakar pedas manis. Ya resep asam manis tidak hanya cocok dipadu dengan ayam cumi ataupun udang tetapi juga dengan berbagai macam jenis ikan yang ada di laut ataupun ikan air tawar seperti kakap asam manis gurame asam manis ikan nila asam manis resep ikan bawal asam manis dan yang lainnya. Resep bebek taliwang pedas sajikan pakai plecing kangkung. resep ikan panggang oven enak. Anda bisa membuat Nila pedas, asam, manis (panggang Oven) menggunakan 20 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Nila pedas, asam, manis (panggang Oven)

  1. siapkan #Bahan Utama#.
  2. sediakan ikan nila (aku pilih yg isi 2).
  3. sediakan lemon/jeruk nipis (aku pakai jeruk nipis yang small).
  4. Anda perlu #Bumbu ulek/blender#.
  5. Anda perlu Bawang merah (kalau gede pake 5 aja).
  6. siapkan bawang putih.
  7. sediakan jahe.
  8. Anda perlu kunyit.
  9. Anda perlu garam.
  10. siapkan gula.
  11. siapkan merica bubuk.
  12. siapkan cabe rawit (kalo suka pedes banget, gas bun, kasih 20).
  13. siapkan cabe merah besar.
  14. siapkan tomat (kalo gede banget, kasi 1 aja).
  15. Anda perlu #Bahan tambahan#.
  16. sediakan sere.
  17. siapkan Santan (aku prefer santan kelapa parut).
  18. siapkan Saus extra pedas (optional).
  19. siapkan Saus tomat(optional).
  20. sediakan Kecap manis.

Biar gak bosen, ceritanya mau buat ayam panggang pake oven. Wkwkwkwk.ternyata saiya salah nambahkan bahan ke bumbu halus. IKAN PANGGANG DAN SAMBEL TERONG SUPER PEDAS! BIKIN NAGIH!! terong balado, terong bakar, terong telur, terong santan, terong goreng, terong krispi, terong dic.

Cara memasak Nila pedas, asam, manis (panggang Oven)

  1. Bersihkan ikan dari sisiknya, keluarin jeroannya, iris2 kedua sisi badan ikan biar bumbu bisa meresap, terserah bentuk irisannya, diukir juga boleh 😂🤣, kemudian cuci bersih ikan dan beri perasan air jeruk, diamkan selama 30 menit boleh lebih..
  2. Sambil menunggu ikan siap olah, kita bikin bumbu nilanya. Blender semua #bumbu blender# kalau g punya blender bisa diulek ya bun, tapi rebus dulu cabe2annya dan tomatnya, biar smooth saat diulek dan cepet lembut..
  3. Setelah bumbu halus, tumis bumbu dalam api kecil(biar g muncratttt bun 😉) dengan sedikit minyak, setelah 2 menit an, masukkan 1 batang sereh yang sudah digeprek sebelumnya, oseng lagi selama 2 menit, lalu siram dengan santan kelapa, tunggu selama 3 menit, beri saus extra pedas, saus tomat, dan kecap manis, aduk aduk hingga agak mengental, masukkan ikan nilanya (jangan dicuci lagi yes, biar ada rasa masamnya, kalo g suka masam ya cuci aja lagi). Ukep selama 5 menit, jangan diaduk please).
  4. Setelah itu angkat ikan dan letakkan di tempat memanggang, jangan lupa balurin ikan dengan bumbunya, masukkan kedalam oven dengan suku 250°C panas atas bawah selama 20 menit (sebelum dipakai, panasin dulu ovennya).
  5. Setelah 20 menit keluarkan ikan, balik ikan dan olesi dengan sisa bumbu, kemudian tuang kecap diseluruh badan ikan (lebih kayak di crut crut kan gitu sih bun 😂), panggang lagi ikan selama 20 menit, ulangi step ini selama 2x lagi, pada edisi memanggang yang terakhir, lamain aja, boleh selama 40 menit biar bener2 keset ikannya dan g lembek..
  6. Kalau udah cantik warnanya, keluarkan dan angkat ikannya, welll, ikan pun siap di dressing dan dinikmati bersama orang tersayang..
  7. Maaf ya bun, fotonya udah hilang kepala + buntutnya, kelupaan motret tadi karena keburu dipake sarapan dan dibekal suami 🤭🤭.

Pangek adalah salah satu bumbu khas Sumatra yang memiliki padanan rasa asam pedas bersantan yang nikmat. Bumbu pangek memiliki rasa kuat yang bisa membuat ikan nila menjadi istimewa. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Tak sulit bukan resep ayam bakar wong solo ini.

Leave a Comment