Resep Ayam Suwir Bumbu Bali (tidak pedas) Lezat

Resep Ayam Suwir Bumbu Bali (tidak pedas). Lagi mencari inspirasi resep ayam suwir bumbu bali (tidak pedas) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam suwir bumbu bali (tidak pedas) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita. Cara Masak Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali – Kemarin siang kebetulan ada stok ayam yang sudah di rebus dan saya diamkan begitu saja di kulkas. Awalnya sih mau di masak ayam pop atau Gulai Ayam yang dicampur irisan tahu tempe, kayanya enak. Tapi saya lagi program diet, jadi lagi belajar mengurangi penggunaan santan ke dalam masakan, kue maupun puding.

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Jika Anda ingin mengetahui resep lengkapnya, kali ini resepkuerenyah sudah merangkum-nya. Silakan simak resep ayam suwir khas Bali yang pedas. Anda bisa memasak Ayam Suwir Bumbu Bali (tidak pedas) menggunakan 22 bahan dan 4 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ayam Suwir Bumbu Bali (tidak pedas)

  1. sediakan 500 gr dada ayam.
  2. siapkan 2 siung bawang putih, cincang.
  3. sediakan 1/2 sdt ketumbar.
  4. siapkan 1 buah jeruk nipis.
  5. Anda perlu 1 liter air.
  6. Anda perlu 200 ml santan (me: kara).
  7. sediakan 4 lembar daun salam.
  8. sediakan 4 lembar daun jeruk.
  9. Anda perlu secukupnya terasi.
  10. Anda perlu 2 ruas lengkuas, geprek.
  11. sediakan 2 ruas kunyit, bakar.
  12. Anda perlu 1 ruas kencur, geprek.
  13. siapkan 2 buah sereh, geprek.
  14. siapkan 1 buah jeruk limau.
  15. siapkan secukupnya garam.
  16. sediakan secukupnya gula.
  17. siapkan 100 ml air.
  18. siapkan 3 buah cabe merah kriting (sesuai selera).
  19. Anda perlu cabe rawit merah (aku skip, biar ga pedes).
  20. siapkan 1 buah tomat (aku pake ini biar ga pedes).
  21. siapkan 6 siung bawang merah.
  22. Anda perlu 3 siung bawang putih.

Cara membuat ayam suwir pedas manis: Dada ayam yang telah dibersihkan, kemudian digoreng sampai warnanya kekuningan, lalu angkat dan suwir. Campurkan ayam suwir dengan bumbu-bumbu halus (duo bawang, gula jawa kecil, cabai rawit setan) Siapkan minyak panas dalam wajan, tumis bawang Bombay hingga aromanya sedap. Sesuai namanya, sajian ini terbuat dari daging ayam yang disuwir kemudian ditumis bersama santan dan aneka bumbu tradisional. Saat disantap, cita rasa pedas berpadu gurih lembutnya suwiran ayam akan langsung terasa di lidah.

Cara membuat Ayam Suwir Bumbu Bali (tidak pedas)

  1. Bersihkan ayam, lalu rendam dengan perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan 20 menit..
  2. Lalu Rebus ayam dengan 1 liter air, bawang putih cincang, dan 1/2 sdt ketumbar. Rebus hingga ayam empuk. Bila sudah empuk, matikan api, angkat, diamkan sebentar, lalu suwir suwir ayamnya..
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, terasi, cabe merah, cabe rawit, dan tomat. Lalu tumis bersama dengan lengkuas, kencur, sereh, daun salam dan daun jeruk hingga harum dan air menyusut..
  4. Masukkan air, santan, perasan jeruk limau, garam dan gula. Aduk hingga mendidih dan koreksi rasa. Lalu masukkan ayam yang telah disuwir. Aduk terus hingga kuah menyusut. Angkat dan sajikan..

Karena kelezatannya, bahkan kepopuleran ayam suwir bumbu Bali bisa disejajarkan dengan sate lilit dan ayam betutu, lho. Ayam suwir bumbu Bali, satai lilit, serta lawar (sayuran yang rupanya seperti urap), adalah beberapa komponen yang wajib ada dalam sepiring nasi campur khas Pulau Dewata. Kadang ada saja yang menambahkan telur bumbu. Ayam suwir atau ayam sisit adalah daging dada ayam rebus. Ayam kemudian disuwir dan dimasak kembali dengan bumbu khas dapur Bali.

Leave a Comment