Resep Acar Ikan Bawal yang Enak

Resep Acar Ikan Bawal. Anda sedang mencari ide resep acar ikan bawal yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal acar ikan bawal yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Beberapa hari lalu bikin banyak bumbu acar kuning. Selain dibikin jadi tempe acar kuning, saya olah juga jadi ikan nila acar kuning. Ini versi acar kuning favorit keluarga saya.

Memang sih ikan bawal terkenal dengan durinya yang cukup banyak, namun dengan dagingnya yang sangat empuk menjadikan ikan bawal banyak. Punya stok ikan bawal, pingin di masak acar kuning. Biasanya saya goreng saja, tapi biar ga bosen akhirnya disiram kuah acar kuning. Anda bisa membuat Acar Ikan Bawal menggunakan 22 bahan dan 11 langkahnya. Berikut cara membuatnya.

Bahan bahan membuat Acar Ikan Bawal

  1. Anda perlu Bahan utama.
  2. sediakan 2 ekor ikan bawal, bersihkan.
  3. Anda perlu Secukupnya garam.
  4. siapkan 1/2 bagian jeruk nipis.
  5. sediakan Bumbu halus.
  6. sediakan 6 siung bawang merah.
  7. sediakan 4 siung bawang putih.
  8. siapkan 1 sdt ketumbar bubuk.
  9. siapkan 2 ruas kunyit uk sedang.
  10. Anda perlu 3 btr kemiri.
  11. siapkan Bahan lainnya.
  12. siapkan 1 lbr daun salam.
  13. Anda perlu 1 btg sereh, geprek.
  14. Anda perlu 1 ruas jahe, geprek.
  15. sediakan 1 ruas lengkuas, geprek.
  16. sediakan 1 bh tomat, iris.
  17. Anda perlu 5 bh cabai rawit hijau utuh.
  18. Anda perlu 2 bh cabai merah, iris serong.
  19. Anda perlu 1 sdm asam jawa.
  20. Anda perlu Secukupnya air.
  21. Anda perlu Secukupnya garam, gula, merica bubuk & royco ayam.
  22. Anda perlu Secukupnya minyak untuk menggoreng.

Ikan bawal bumbu kuning, terlintas dalam benak bahwa masakan ini memiliki rasa yang enak sehingga sangat cocok bagi anda, karena kali ini kami mengolahnya tanpa menggunakan santan sehingga sangat cocok bagi anda yang memang tidak menyukai masakan yang bersantan. Tidak perlu berlama-lama berikut ini kami berikan Resep dan Cara Membuat Ikan Bawal. Ikan bawal paling cocok diolah dengan dibakar, berbagai varian bumbu bisa ditambahkan saat mengolah bawal bakar. Nah kali ini kami akan memberikan resep bawal bakar bumbu kuning yang Endeus buat dikreasikan saat weekend.

Langkah langkah membuat Acar Ikan Bawal

  1. Bersihkan ikan dari sisik halus & buang isi perutnya. Taburi garam & balur dengan perasan jeruk nipis di kedua sisinya. Sisihkan..
  2. Haluskan bumbu halus dengan diulek ya, jangan pakai blender karena hasilnya akan kurang sedap & teksturnya terlalu halus..
  3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Tumis hingga harum dan bau kemiri hilang ya..
  4. Tambahkan daun salam, jahe, sereh dan lengkuas. Masak hingga harum dan bumbu matang..
  5. Tambahkan juga cabai rawit utuh & irisan cabai merah..
  6. Masukkan juga satu gelas air ke dalam tumisan. Bumbui dengan garam, gula, merica bubuk & royco ayam..
  7. Larutkan 1 sdm asam jawa dengan 3 sdm air panas..
  8. Tambahkan larutan asam jawa (airnya saja) ke dalam tumisan. Aduk rata & tes rasa..
  9. Sambil menunggu, goreng ikan yang sudah dimarinasi tadi dengan menggunakan minyak panas sampai kuning kecokelatan..
  10. Masukkan ikan yang sudah digoreng ke dalam bumbu acar. Masukkan juga irisan tomat. Masak hingga air agak menyusut..
  11. Hidangkan bersama nasi hangat 💞.

Yuk lihat video selengkapnya dan bagikan resepnya ke semua temanmu. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #OlahanHasilLaut wah berselera pulak akak tengok acar bawal madiha nilah!!.dah lama tak masak lauk acar ikan ni.ikan bawal pun dah lama tak beli.heheh.thks dear sudi cuba recipe dari blog akak ya. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan dan cara membuatnya. Cara Membuat Masakan Ikan Nila Acar Kuning yag Enak, Mudah dan Spesial Cara Mengolah Ikan Nila Sebelum Dimasak: Pertama-tama, anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan ikan nila yang sudah dipersiapkan sebelum kita masak dan kita bumbui menjadi hidangan lezat yang begitu nikmat. resep ikan bawal asam manis. Hallo guys,kali ini aku lagi pengen banget masak ikan nila acar kuning nih akhirnya hari ini berinisiatif buat deh hehe. Jenis Ikan Konsumsi – Jenis dari ikan air tawar yang dapat di konsumsi di Indonesia sangat banyak sekali.

Leave a Comment