Resep: Ayam Ungkep Bumbu Kuning (empuk setelah digoreng) #laukpraktis Lezat

Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning (empuk setelah digoreng) #laukpraktis. Anda sedang mencari inspirasi resep ayam ungkep bumbu kuning (empuk setelah digoreng) #laukpraktis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam ungkep bumbu kuning (empuk setelah digoreng) #laukpraktis yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita. Lihat juga resep Ayam Ungkep Kuning (Stock dikulkas, Mau Tinggal Goreng) enak lainnya! Resep ayam goreng ungkep ini sering juga disebut ayam goreng bumbu kuning, karena setelah dibumbuin (saat siap digoreng) warna ayamnya kuning karena ada kunyit dalam bumbunya. Ayam goreng dimasak dengan resep ini sangat empuk dan wangi, sukaaaaa banget, apalagi dicocol sama sambal terasi dan nasi hangat, nambah terusss ….

Setelah ayam dipotong-potong menjadi beberapa bagian, kini saatnya anda mempersiapkan bumbu ungkepan. Saat ayam terkena panas, pori-porinya akan terbuka sehingga bumbu bisa terserap dengan baik. Oleh sebab itu buatlah bumbu yang super halus supaya bumbu ini bisa meresap dengan baik ke dalam daging ayam. Anda bisa membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning (empuk setelah digoreng) #laukpraktis menggunakan 14 bahan dan 7 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning (empuk setelah digoreng) #laukpraktis

  1. Anda perlu Bahan-bahan.
  2. Anda perlu 1 ekor ayam potong.
  3. Anda perlu 1/2 iris jeruk nipis/lemon.
  4. siapkan Bumbu Halus.
  5. Anda perlu 1 ruas kunyit.
  6. Anda perlu 1 ruas lengkuas.
  7. sediakan 1 sdm ketumbar.
  8. sediakan 1 sdt garam halus.
  9. sediakan 3 siung bawang putih.
  10. Anda perlu 3 siung bawang merah.
  11. Anda perlu Bahan lainnya.
  12. Anda perlu 1 ruas jahe digeprek.
  13. sediakan 2 batang sereh digeprek.
  14. sediakan 1 sdt kaldu jamur (optional).

Ungkep daging ayam bersama bumbu dengan api kecil saja sambil ditutup. Perhatikan waktu buat mengungkep daging ayam. Biasanya, semakin lama waktu mengungkepnya, semakin meresap bumbu ke dalam daging. Juga, makin lama, daging ayam akan semakin empuk.

Cara memasak Ayam Ungkep Bumbu Kuning (empuk setelah digoreng) #laukpraktis

  1. Peras jeruk nipis/lemon di atas ayam yang telah dipotong. Lalu cuci bersih ayam dibawah air mengalir..
  2. Haluskan semua bumbu halus. Boleh menggunakan blender/diuleg lebih baik..
  3. Siapkan wajan, masukkan ayam ke dalam wajan. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, jahe & lengkuas yang telah digeprek. Aduk rata. Dan diamkan selama +- 15 menit. Kemudian nyalakan api sedang. Tutup wajan..
  4. Jangan tambahkan air!!! Karena ayamnya akan menghasilkan air sendiri nantinya. Sesekali diaduk, agar tingkat kematangan ayam merata..
  5. Jika sudah berair, buka tutup wajan.. kemudian aduk-aduk dan tunggu hingga air menyusut. Dan ayam matang dan empuk. Lalu matikan api..
  6. Tunggu hingga ayam dingin, lalu masukkan ke dalam kemasan makanan untuk disimpan di kulkas/freezer. Atau bisa juga langsung digoreng. (Untuk penyimpanan di kulkas/freezer, bisa dibagi2 kemasannya untuk porsi sekali makan ya).
  7. Jika ingin dimakan, goreng dengan minyak panas. Tidak perlu lama saat menggoreng.. karena ayam sudah matang dan empuk.. selamat menikmati.

Setelah daging ayam ungkep matang, segera matikan kompor. Daging ayam yang telah matang bisa. Masak hingga ayam empuk dan kuah mengering. Menggoreng ayam: tiriskan ayam dari bumbu ungkep, pastikan tidak banyak kandungan air agar tidak meletup-letup saat digoreng. Resep Ayam Goreng Ungkep (bumbu kuning).

Leave a Comment