Tips Memasak Selat Solo Sempurna

Resep Selat Solo. Lagi mencari inspirasi resep selat solo yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal selat solo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Anda bisa membuat Selat Solo menggunakan 27 bahan dan 6 langkahnya. Berikut cara memasaknya.

Bahan bahan membuat Selat Solo

  1. Anda perlu 500 gr daging has dalam.
  2. Anda perlu 3 bh tomat merah (ukuran sedang), potong2.
  3. sediakan 2 sdm margarin untuk menumis.
  4. sediakan 4 sdm kecap manis.
  5. Anda perlu 1/2 sdt kaldu bubuk.
  6. Anda perlu Bumbu Marinasi:.
  7. sediakan 8 btr bawang merah.
  8. sediakan 4 siung bawang putih.
  9. sediakan 1 sdt lada butiran.
  10. siapkan 1/2 sdt pala bubuk.
  11. sediakan 1 sdm gula pasir.
  12. sediakan 1 sdt garam.
  13. Anda perlu 2 sdm kecap manis.
  14. Anda perlu Telur Pindang:.
  15. sediakan 4 btr telur, rebus.
  16. siapkan 4 btr bawang merah.
  17. Anda perlu 2 siung bawang putih.
  18. Anda perlu 1/2 sdt garam.
  19. siapkan 1 sdm gula pasir.
  20. sediakan 3 sdm kecap manis.
  21. sediakan 3 lbr daun salam.
  22. siapkan Sepotong lengkuas, geprek.
  23. siapkan secukupnya Air.
  24. Anda perlu Bahan Pelengkap:.
  25. siapkan Daun selada.
  26. sediakan Wortel, potong memanjang.
  27. Anda perlu potong panjang Buncis,.

Langkah langkah membuat Selat Solo

  1. Siapkan semua bahan..
  2. Potong2 daging tdk terlalu tebal, melawan serat. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada butiran, dan garam. Masukkan bumbu halus ke potongan daging, tambahkan pala bubuk, gula pasir, dan kecap manis. Remas2 dgn tangan, sisihkan, biarkan kurang lebih 1 jam..
  3. Sekarang bikin telur pindangnya. Iris halus bawang merah dan bawang putih. Telur rebus dikupas, taruh dlm panci kecil, beri daun salam, lengkuas, masukkan bawang merah dan bawang putih yg diiris tadi, garam, gula pasir, air secukupnya (smp telur terendam), dan kecap manis. Masak smp kuah menyusut dan telur kecoklatan..
  4. Panaskan margarin dlm wajan, tumis daging yg telah dimarinasi tadi smp daging berubah warna. Beri air panas. Tambahkan potongan tomat merah, kecap manis, dan kaldu bubuk. Tutup wajan, masak smp daging empuk. Koreksi rasanya. Masak smp daging empuk, tdk terlalu lama krn ini pake daging has dalam dan kuah masih ada (tdk asat)..
  5. Sementara menunggu daging empuk, rebus wortel dan buncis dlm air mendidih. Air rebusan beri sedikit garam. Rebus sekitar 2 menit. Setelah wortel/buncis empuk, masukkan ke air dingin/air es spy warnanya cantik (lupa gak kefoto). Potong2 kentang, goreng smp matang..
  6. Siapkan semua pelengkapnya. Tata dlm piring, siram sisa kuah dagingnya. Mestinya dilengkapi campuran mayonaise dan mustard…tp aku tdk punya mustard…gini aja udah enak..

Leave a Comment